IBX5B7AA7B12AEAB William Osler, Penggagas Gerakan Literasi di Seluruh Dunia - Cahaya Perdana

Iklan

William Osler, Penggagas Gerakan Literasi di Seluruh Dunia


CahayaPerdana.com - Buku apa yang biasa Anda baca? Senang sekali rasanya bila keseharian kita diisi dengan membaca berbagai sumber informasi. Tahukah Anda, siapa gerangan tokoh yang menjadi penggagas gerakan literasi di seluruh dunia? 

Tokoh yang tekun membaca tersebut bernama William Osler. Selama hidupnya, dia mengajar di Sekolah Kedokteran John Hopkins. Banyak pakar fisika terkenal di Amerika Serikat pernah belajar pada Osler. Dia menjadikan buku sebagai sumber belajar sehingga sebutan pembaca tekun (bibliofil) melekat pada dirinya.

Osler mengetahui dan menguasai semua ilmu pengetahuan karena dia sering menyempatkan waktu di sela-sela kesibukannya untuk membaca berbagai informasi. Bahkan sebelum tidur dia selalu menyempatkan diri untuk membaca sumber informasi.

Kebiasaan tersebut tidak pernah Osler lupakan sepanjang hidupnya. Uniknya, dia justru akan gelisah dan sulit tidur bila tidak menyempatkan waktu selama 15 menit untuk membaca buku. Kebiasaan inilah yang mengilhami gerakan literasi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Bagi sebagian orang menunggu biasanya dianggap sebagai sesuatu yang membosankan. Bagi Osler, justru pada saat menunggu itu merupakan waktu yang tepat untuk membaca.

Osler di kalangan Sarjana Sastra Inggris juga dikenal sebagai ahli yang tahu banyak tentang pujangga Thomas Broene (sastrawan Inggris abad ke-17). Perpustakaan pribadi Osler banyak menyimpan telaah mengenai keunggulan karya sastra Thomas Broene.

Selain itu, di perpustakaan Osler banyak tersimpan pula hasil penelitiannya mengenai pengobatan, formulasi teknik mengajarkan ilmu kedokteran, dan pengantar metode klinik kedokteran modern.

Nah bagaimana dengan Anda? Apakah membaca sudah menjadi bagian dari kebiasaan Anda?