IBX5B7AA7B12AEAB Serba-Serbi Mengenai Kehamilan - Cahaya Perdana

Iklan

Serba-Serbi Mengenai Kehamilan


Kehamilan merupakan kabar membahagiakan bagi pasangan suami istri yang mendambakan kehadiran bayi. Namun, rasa was-was selalu menghantui apalagi jika itu adalah kehamilan yang pertama. Kali ini akan dibahas informasi seputar kehamilan trimester kedua.

● Morning Sickness Berkurang
Jika sebelumnya rasa mual dan keinginan untuk muntah yang biasa disebut dengan morning sickness selalu datang hampir setiap saat, maka di trimester 2 ini intensitasnya mulai berkurang. Hal ini membuat nafsu makan Anda menjadi lebih baik dan meningkat jika dibandingkan dengan trimester sebelumnya. Pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi agar ibu dan bayi tetap sehat.

● Perubahan Pigmen Kulit
Di usia kehamilan 13 minggu, kulit ibu biasanya mengalami perubahan menjadi lebih gelap jika dibandingkan dengan masa sebelum hamil. Terkadang perubahan Pigmen ini dapat terjadi tidak hanya di tubuh saja, melainkan juga di dahi, hidung atau pipi. Ada baiknya untuk menghentikan penggunaan make up, dan lebih teliti dalam memperhatikan kandungan kimia di dalamnya. 

● Keputihan
Biasanya ibu juga dapat mengalami keputihan yang disebabkan oleh peningkatan cairan di daerah vagina karena perubahan hormon. Keputihan menjadi tidak normal jika menyebabkan gatal, keputihan yang berwarna kuning hingga kehijauan, serta berbau. Jika mengalami keputihan tidak normal segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan. Jangan sembarangan membeli obat yang dijual bebas, karena tidak semuanya aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.

● Meningkatnya Hormon Melanocyte
Efek dari meningkatnya hormon ini adalah area sekitar puting atau disebut areola akan menjadi lebih gelap. Kemudian muncul garis yang memanjang  hingga ke bagian pusar sampai ke tulang pubis. Garis ini disebut sebagai linear nigra. Selain itu stretch mark juga mulai tampak dikarenakan adanya pemisahan jaringan kolagen di bawah perut yang kemudian tampak seperti jaringan parut karena terjadinya peregangan kulit perut.

Selain tersebut di atas, pada kehamilan 13-24 Minggu ini juga membuahkan tumbuh kembang pada janin menjadi lebih baik dari sebelumnya. Mulai dari kaki janin yang sudah  melakukan tendangan kecil, hingga jantung yang sudah mampu memompa sebanyak 24 liter darah. Menakjubkan, ya.  Tetap semangat dan selalu berbahagia, karena tidak lama lagi akan bersua dengan buah hati tersayang!

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :