IBX5B7AA7B12AEAB Pantai Banyu Anjlok, Objek Wisata Alam di Malang yang Indah dan Unik - Cahaya Perdana

Iklan

Pantai Banyu Anjlok, Objek Wisata Alam di Malang yang Indah dan Unik


CahayaPerdana.com - Keindahan wisata di Malang seolah tiada habisnya. Ada satu lagi pantai unik yang belum lama dikenal, Pantai Banyu Anjlok. Letaknya tersembunyi di Malang Selatan. Pantai ini secara administratif berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Dari kecamatan Pronojiwo Lumajang menuju Pantai Banyu Anjlok ini berjarak sekitar 36 km melewati Jalan Raya Dampit Lumajang. Setelah menemui pertigaan Tirtoyudo, belok kiri menuju Pantai Si Pelot dan Pujiharjo. Jika dari arah Malang kita belok kanan.

Terdapat 3 alternatif pilihan untuk sampai di Pantai Banyu Anjlok. Alternatif pertama berjalan kaki. Jaraknya lumayan jauh dengan menyusuri pinggiran pantai dan karang dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Alternatif kedua naik ojek. Ojek yang dimaksud adalah warga setempat yang menawarkan jasa antar menuju Banyu Anjlok. Bagi yang membawa sepeda motor bisa melewati jalur ini dengan jalanan yang cukup ekstrem.

Alternatif ketiga naik perahu. Ini pilihan bagi pengunjung yang datang menggunakan kendaraan roda empat karena yang membawa mobil harus parkir di Pantai Lenggoksono. Akses jalannya tidak memungkinkan dilalui kendaraan roda empat.

Ketika kita akan menuju ke Pantai Banyu Anjlok kita akan langsung sampai di kolam alami yang merupakan aliran sungai kemudian turun jatuh ke pantai dari atas tebing bebatuan membentuk seperti air terjun. Inilah keunikan Pantai Banyu Anjlok. Air kolam alami cukup bersih berwarna kehijauan, bisa digunakan untuk berendam atau berenang tetapi hati-hati karena kedalamannya berkisar 3-5 meter.

Dari atas kolam kita dapat menyaksikan keindahan lautan yang sangat indah dengan air laut yang jernih berwarna biru bersih. Untuk turun ke pantai, kita dapat menuruni tebing batu menggunakan seutas tali sebagai penyangga. Dari pantai kita dapat menyaksikan keindahan air terjun yang langsung jatuh ke pantai menghujam pasir halus berwarna putih kecokelatan.

Selain itu, kita dapat melihat keindahan lautan lebih dekat dengan ombak yang menggulung cukup besar. Pengunjung tidak disarankan berenang, tapi masih bisa bermain air di pinggir pantai. Pantai ini masih terjaga keasriannya. Lokasinya yang tersembunyi dan jauh dari permukiman warga serta daya tarik keindahannya yang unik membuat pantai ini layak disebut sebagai surga tersembunyi. Pengunjung dimanjakan oleh tiga daya tarik sekaligus, keindahan kolam alami, keindahan air terjun yang turun ke pantai, serta keindahan lautan yang jernih berwarna biru bersih. 

Tips ke Pantai Banyu Anjlok
  • Jika menggunakan sepeda motor saat melewati jalur menuju pantai diharapkan lebih berhati-hati karena medannya cukup ekstrem dan sempit dengan jurang yang menganga.
  • Tidak disarankan berenang di kolam alami yang berada di tebing karena kedalamannya yang belum dapat dipastikan.
  • Pantainya masih sangat asri dan perawan, belum dikelola dengan baik, pengunjung diharapkan untuk lebih berhati-hati karena selain jauh dari pemukiman warga pantai ini tidak ada penjaganya.
  • Bila ingin berkemah di sekitar pantai, sebaiknya izin terlebih dahulu kepada pengelola Pantai Lenggoksono.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :