Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Mangga Baik untuk Kesehatan Tubuh Kita


CahayaPerdana.com - Anda yang sering mengonsumsi buah-buahan pastinya suka dengan mangga (Mangifera indica). Buah yang rasanya manis segar ini tidak hanya mengandung vitamin C yang sangat baik dalam melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit tetapi juga menjaga kesehatan tulang, gigi, serta gusi. Apa lagi manfaat mangga untuk kita?

Mangga yang daging buahnya berwarna kuning ini pun menyimpan vitamin A yang berfungsi dalam memelihara kesehatan mata, rambut, dan kulit. Mangga memiliki kandungan karbohidrat yang berguna sebagai sumber energi dan menyimpan cadangan tenaga sehingga kita dapat melakukan berbagai kegiatan setiap hari.

Nah selain itu, mangga pun mengandung protein yang diperlukan dalam pembentukan dan pemeliharaan sel ataupun jaringan tubuh. Protein juga berfungsi sebagai antibodi sehingga dapat menghancurkan zat-zat asing yang berbahaya dalam tubuh.

Menurut berbagai literasi, mangga termasuk salah satu buah yang kaya akan kalium lho. Kalium berperan penting dalam mengatur kadar cairan dan mengedarkan cairan ke seluruh tubuh. Buah ini pun banyak mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, juga melancarkan sistem pencernaan dan memudahkan proses penyerapan gizi.

Mangga yang masih muda sudah bisa kita konsumsi yang biasanya digunakan sebagai bahan campuran membuat rujak, asinan, dan dapat diolah menjadi manisan. Sementara itu mangga yang sudah terlanjur matang, selain dapat langsung dikonsumsi, juga bisa diolah menjadi selai, jus, dan dodol yang rasanya tentu saja legit. 

Dengan demikian Anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi buah mangga dalam menu harian Anda karena di balik manisnya buah mangga ini tersimpan segudang manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News