IBX5B7AA7B12AEAB Ini Dia Beberapa Menu MPASI Bernutrisi Bayi 6 Bulan - Cahaya Perdana

Iklan

Ini Dia Beberapa Menu MPASI Bernutrisi Bayi 6 Bulan


ASI hingga saat ini masih merupakan nutrisi yang terbaik bagi bayi dan harus tetap diberikan pada bayi sampai berusia 2 tahun. Tetapi perlunya pemberian makanan tambahan pada saat bayi susah berusia 6 bulan. Saat bayi memasuki usia 6 bulan maka perlunya diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI, pasalnya sudah mulai sempurnanya proses pencernaan bayi. Ibu perlu memberikan menu MPASI 6 bulan karena ini penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi bayi dan mulai diperkenalkannya makanan selain ASI.

Didalam pemberian MPASI 6 bulan ini yang harus diperhatikan adalah dengan memberikan makanan yang halus sesuai dengan kemampuan mencerna bayi dan sebaiknya ibu memberikan makanan yang dibuat sendiri sehingga akan terjaganya nutrisi dan kualitas bahan yang digunakannya. Jika ibu membutuhkan informasi tentang MPASI untuk bayi 6 bulan yang bernutrisi maka kami akan memberikan referensinya. Berikut beberapa menu MPASi bernutrisi bayi 6 bulan diantaranya yaitu:
 
1.      MPASI Dengan Wortel
Selain enak dibuat untuk jus ternyata wortel cocok juga diberikan sebagai makanan pendamping ASI. Wortel ini memang sejak dulu direkomendasikan sebagai proses untuk mengenalkan bayi terhadap makanan. Bayi bisa diberikan wortel rebus karena mengandung sumber Vitamin A dan mineral yang tinggi.

2.      MPASI Dengan Pisang
Hampir semua orang menyukai pisang termasuk bayi didalamnya. Buah pisang bisa dijadikan bubur, tetapi jika ibu merasa kerepotan untuk membuat bubur maka pisang itu bisa diberikan secara langsung kepada buah hati dengan mengambil buah pisang itu dengan menggunakan sendok sendikit demi sedikit. Kandungan nutrisi yang ada didalam pisang seperti Vitamin A, fosfor, asam folat, dan kalsium.

3.      MPASI Dengan Pepaya
Kandungan enzim papain yang banyak didalam buah pepaya dapat membantu melancarkan proses pencernaan bayi. Selain itu pepaya juga mengandung nutrisi seperti zat besi dan asam folat sehingga akan membantu didalam proses perkembangan otak. Kandungan kalsium dan zink yang ada didalamnya juga dapat menjaga kesehatan tulang.

4.      MPASI Dengan Alpukat
Untuk memperkenalkan bayi berbagai macam rasa maka sebaiknya berikan bayi bubur alpukat. Alpukat ini mengandung Vitamin A dan C dan juga magnesium. Kandungan nutrisi yang ada didalam buah itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan motorik bayi.

5.      MPASI Dengan Pir
Ibu juga bisa membuat bubur dari buah pir xiang lie karena rasanya sudah cukup manis maka tidak diperlukannya tambahan gula. Bayi 6 bulan memang disarankan untuk tidak mengkonsumsi gula dan garam sehingga rasa alami dari buah tersebut akan dirasakan bayi. Cara penyajiannya yaitu buah pir dikupas kulitnya lalu diblender hingga halus.

6.      MPASI Bubur Susu
Bubur susu sudah bisa diberikan pada bayi berusia 6 bulan. Bubur susu bisa ibu buat dari tepung beras merah dan tambahan susu. Kandungan nutrisi yang ada didalam tepung beras merah lebih banyak jika dibandingkan dengan dengan ibu membuat bubur susu yang terbuat dari bahan dasar beras putih.

Itulah beberapa menu MPASi bernutrisi bayi 6 bulan. Pemberian MPASI ini sangatlah penting karena dapat mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan bayi. Dan sebaiknya ibu memberikan MPASI ini yang dibuat oleh tangan ibu sendiri. Pasalnya dengan membuatnya sendiri maka akan terjaga kualitas bahan dan kebersihannya. Selain itu juga nantinya ibu akan terlatih untuk lebih bisa berkreasi lagi.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :