Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Berolahraga tanpa Bau Badan


CahayaPerdana.com - Banyak keringat yang keluar kerap menjadi indikator umum untuk melihat apakah olahraga yang kita lakukan berhasil. Sayangnya, bau badan yang menyertai kucuran keringat bisa sangat memalukan. 

Padahal, keringat dan bau badan sebenarnya respons alami saat tubuh berolahraga. Kelenjar keringat mengatur suhu tubuh dan bertanggung jawab atas keluarnya keringat dan bau tubuh. Keringat menyeimbangkan cairan tubuh dan membuat kulit tetap terhidrasi.

Keringat sendiri bukanlah penyebab bau badan. Bau tersebut muncul saat keringat mengenai bakteri di kulit. Tingkat hormon, obat-obatan tertentu, pola makan, bahkan suasana hati, bisa memengaruhi jumlah keringat dan bau badan.

Jika tidak ingin aroma tubuh yang mengganggu, sebaiknya kurangi konsumsi bawang dan bahan makanan lain dengan bau yang kuat. Itu membantu mengurangi bau badan.

Menambahkan zat besi dan magnesium dari suplemen, buah-buahan, dan sayuran juga bisa membantu.

Waspadai jika pola makan yang baik tetap disertai bau badan berlebih, bisa jadi penyebabnya gangguan kesehatan semisal jantung, ginjal, atau diabetes. Bila begitu, lebih baik periksakan ke dokter. 

Selain itu, bau badan saat berolahraga juga bisa dihindari dengan memilih pakaian yang tepat. Busana berbahan katun sebaiknya dihindari.

Kemampuan katun dalam menyerap cairan justru kerap membuat keringat susah kering dari pakaian. Sebaliknya, Anda dapat memilih busana olahraga berbahan sintetis yang dilengkapi dengan teknologi antimikroba.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Share this article / Bagikan Artikel Ini! :