IBX5B7AA7B12AEAB Biasakan Anak Bergerak Sebebas-bebasnya dalam Bermain - Cahaya Perdana

Iklan

Biasakan Anak Bergerak Sebebas-bebasnya dalam Bermain


CahayaPerdana.com - Berlari, berteriak kegirangan, dan bergerak sebebas-bebasnya adalah dambaan anak-anak. Bermain yang menyenangkan tidak perlu mengeluarkan biaya dan tidak perlu diatur sedemikian rupa. Bermain adalah tentang bermain.

Permainan yang bebas memang bisa menyenangkan anak-anak. Bukan hanya senang dengan permainannya, mereka juga mendapatkan manfaat untuk belajar menghadapi risiko dan konsekuensi.

Namun, di berbagai negara, termasuk Inggris seperti dikutip dari situs milik Telegraph, kebanyakan orangtua cenderung menyiapkan yang aman saja untuk anak-anaknya. Bermain dalam ruangan, bermain di halaman rumah, dan area bermain yang didesain dengan permukaan lembut yang tidak membuat anak-anak tergores luka sedikit pun.

Berbeda dengan negara-negara Skandinavia, anak-anak masih didorong agar bermain di luar ruangan. Mereka bisa mengeksplorasi lingkungan bebas untuk bermain tanpa pengawasan ketat.

Menurut artikel yang ditulis David Whitebread, lektor senior di Pendidikan Psikologi Cambridge University, kebebasan anak bermain di luar rumah menurun drastis. Penurunannya 90% dibandingkan dengan era 1970-an.

Di saat yang sama, tingkat obesitas dan penyimpangan kesehatan mental di kalangan anak-anak meningkat tajam. Menurut dia, hal itu disebabkan akses terbatas bagi anak-anak untuk bermain di luar rumah dan lingkungan alam.

Oleh karena itu, kata David melanjutkan, orangtua harus mulai sadar dan mengambil peran. Cobalah membuka berbagai kesempatan bagi anak-anak merasakan pengalaman sebanyak-banyaknya. Bermainlah ke hutan, pantai, dan lain-lain yang bisa membangkitkan kesenangan untuk beraktivitas di alam terbuka.

Sedikit demi sedikit, orangtua juga harus belajar membebaskan anak supaya mandiri. Persilakan mereka untuk ambil risiko. Biarkan mereka kotor! Mereka harus mempelajari hukum alam tanpa orangtua ikut campur," ucapnya.

Tempat bermain unik 
Banyaknya manfaat bermain di luar rumah membuat para desainer pun semakin kreatif merancang tempat bermain anak-anak di ruang terbuka. Tempat bermain pun memiliki lingkungan yang nyaman dan pemandangan yang indah.

Ada tujuh tempat bermain di Amerika Serikat yang disebut unik seperti dilihat dalam situs milik majalah Parents. Bahkan, desainnya pun disukai orang dewasa yang sering memanfaatkan tempat bermain anak sebagai latar foto.

Yang pertama adalah Imagination Playground di New York City, persisnya di Burling Slip dekat the South Street Seaport di Lower Manhattan. Tempat bermain dirancang dengan inovasi bertema kapal dan mereka bisa berimajinasi menggunakan beragam sarana yang disediakan.

Bukan itu saja, tempat bermain pun memiliki pendamping yang siap membantu anak-anak melakukan berbagai proyek dan memastikan anak-anak saling berbagi mainan. Tentu saja ada ayunan dan sarana panjat.

Kedua, Clemyjontri Playground di McLean, Virginia, yang penuh warna dan bahkan memberikan akses juga untuk anak berkebutuhan khusus. Area tempat bermain lebih dari 8.000 meter persegi memiliki empat bagian ruang terbuka yang berjauhan dan memiliki fungsi berbeda  dalam hal perkembangan anak.

Ada Rainbow Room yang mengajarkan warna dan Braille, The Schoolhouse & Maze, yang mengajarkan geografi dan konsep waktu, The Moving and Groovin Transportation Area yang mengajarkan keseimbangan dan penggunaan jalan raya, serta Fitness & Fun yang melatih fisik serta kepercayaan diri.

Ketiga adalah Woodland Discovery Playground di Memphis yang memiliki enam area terpisah. Ada menara kayu, dinding panjat, tambang untuk keseimbangan, dan berbagai sarana lain yang cocok untuk anak atau remaja.

Tempat bermain keempat adalah Shiver Me Timbers Millennium Park Playground di Lake Charles, Los Angeles. Tempat bermain ini telah menjadi lokasi untuk menyelenggarakan 75 festival dalam setahun. Di tengah, ada kastil dan kapal bajak laut. Ada pula kapal bajak laut ukuran kecil untuk anak-anak lebih kecil. Anak-anak bisa berpura-pura mengendarainya, memanjat menara, bermain ayunan, atau bermain di tambang.

Untuk membangkitkan sensitivitas musik, ada Harmony Park Musical Playground. Tempat bermain ini merangsang anak-anak mengkreasikan ide bermusiknya menggunakan perkusi, chimes, dan instrumen yang terinspirasi dari alat musik Afrika.

Ada juga area yang luas untuk berlarian dan memanjat. Para orangtua pun bisa menikmati suasana yang dipenuhi alunan musik di tengah pepohonan yang rimbun.

Keenam, ada Die Weevos and Evos Fitness Playgrounds di Glendale. Tempat bermain ini didesain seakan menjadi pusat kebugaran untuk anak-anak dan dibuat spesial untuk anak-anak yang mendambakan menjadi Spiderman.

Tempat bermain ini dirancang untuk melatih keseimbangan, meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas, dan mengembangkan kemampuan kognitifnya. Sepulang dari tempat bermain ini, bisa dijamin anak-anak akan mudah tidur karena kelelahan mengeksplorasi permainan yang ada.

Ketujuh, Adventure Playground di Berkeley yang kesan pertama melihatnya mungkin tidak menarik. Namun, setelah masuk, anak-anak akan berkreasi seni menggunakan palu, paku, cat, dan sebagainya. Anak-anak benar-benar bisa mengeksplorasi dan menjadi kotor, meski hati tentu senang.

Bentuk-bentuk yang unik, menarik, dan memang dirancang khusus untuk merangsang tumbuh kembang anak-anak. Semoga menjadi inspirasi untuk pengembangan tempat bermain di Indonesia.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :