IBX5B7AA7B12AEAB 9 Cara Memilih Sekolah Terbaik di Medan untuk Buah Hati - Cahaya Perdana

Iklan

9 Cara Memilih Sekolah Terbaik di Medan untuk Buah Hati

Pendidikan anak tentunya merupakan hal yang amat penting untuk Anda perhatikan. Pasalnya ini akan menjadi bekal untuk masa depannya nanti. Memberikan pendidikan terbaik menjadi impian sebagian besar orang tua. Mungkin salah satunya adalah Anda yang berada di Kota Medan, Sumatera Utara.

Tidak cuma belajar saja, sekolah pun akan menjadi tempat bermasyarakat bagi si kecil. Anak akan menggunakan banyak waktunya di lingkungan sekolah, termasuk saat usia emasnya di mana pertumbuhan serta perkembangannya tengah dalam masa terbaiknya.

Hal ini menjadi salah satu alasan sangat pentingnya menemukan sekolah yang paling tepat dan sesuai untuk anak. Pemilihan sekolah yang tepat diharapkan dapat menjadikan anak belajar dan bersosialisasi secara baik sehingga anak mempunyai kecerdasan yang baik dan kian meningkat bersamaan dengan tumbuhkembangnya.

Disamping kualitas pendidikan sekolah, beberapa hal penting lainnya mesti diketahui sebelum akhirnya Anda menentukan pilihan sekolah untuk anak. Berikut ini beberapa hal yang wajib diketahui dalam memilih sekolah terbaik di Medan untuk anak Anda.

1. Metode Belajar yang Diterapkan
Metode belajar di suatu sekolah dengan sekolah yang lainnya amat mungkin berbeda. Hal ini perlu Anda ketahui sebagai orang tua, khususnya bila berniat untuk menyekolahkan anak di sekolah swasta. 

Beberapa metode belajar tambahan mungkin sekali diaplikasikan pihak sekolah. Malahan sangat mungkin mengadopsi metode belajar dari luar negeri. Pastikan Anda mengenali secara detail mengenai metode belajar yang digunakan sekolah tersebut supaya dapat mempertimbangkan kecocokannya dengan anak Anda.

2. Jenis Sekolah yang Tepat
Di Indonesia terdapat beberapa pilihan jenis sekolah yang dapat dijadikan sebagai pilihan, seperti sekolah negeri, sekolah swasta, home schooling, sekolah internasional, dll. Carilah informasi lengkap mengenai beberapa jenis sekolah ini supaya Anda lebih mengenal dan paham sehingga dapat memilih salah satu yang diyakin paling tepat untuk si kecil.

3. Kesesuaian dengan Sifat Anak
Pilih sekolah yang memiliki kesesuaian antara sifat anak dan sekolah agar anak betah dan rajin bersekolah. Jam belajar yang diterapkan pun harus Anda perhatikan supaya dapat menyesuaikannya dengan minat dan kondisi anak.

4. Jarak dari Rumah ke Sekolah
Pilih sekolah yang jaraknya dekat dengan rumah Anda karena jika terlalu jauh akan merepotkan, khususnya bila anak Anda baru mau masuk TK atau SD. Selain itu, tidak cuma memakan waktu yang lama di perjalanan, namun dapat menyebabkan anak merasa letih sehingga tidak semangat dalam belajar.

5. Bahasa Pengantar yang Digunakan
Anda perlu mengetahui bahasa pengantar yang digunakan sekolah tersebut. Pilih sekolah yang menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantarnya. Minimal kombinasi bahasa Indonesia dan bahasa asing. Kebanyakan orangtua akan senang bila melihat anaknya memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, bahkan meski anak mereka baru akan menginjak usia prasekolah. Namun harus disesuaikan dengan kemampuan dasar anak dalam berbahasa. 
6. Kondisi dan Lingkungan Sekolah
Pilih sekolah dengan lingkungan yang bersih, nyaman dan aman untuk anak. Hal ini akan memengaruhi kualitas belajar dan kesehatan anak.

7. Prestasi dan Reputasi Sekolah
Pilih sekolah yang telah memiliki prestasi baik di bidang akademik ataupun yang lainnya seperti kegiatan ekstrakurikuler. Disamping prestasi akademik, reputasi sekolah itu pun perlu dijadikan bahan pertimbangan. 

8. Kemampuan Tenaga Pengajar
Sekolah terbaik pasti akan mempunyai tenaga pengajar yang berkualitas baik juga di mana guru-guru tersebut mempunyai kemampuan akademik yang memadai. Tak sekadar dalam mengajar saja, namun juga kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi karena akan menentukan sekali kualitas belajar anak selama di sekolah kelak.

9. Kemampuan Keuangan
Bila sudah mempunyai estimasi biaya sekolah anak, ingatlah untuk melihat kemampuan finansial (keuangan) Anda dan sesuaikanlah dengan kemampuan keuangan Anda karena sekolah tidak selesai hanya dalam 1 atau 2 tahun saja. Rencanakanlah sebaik mungkin agar Anda dapat menyekolahkan anak sampai ke jenjang perguruan tinggi nanti.

Pineapple Premier School adalah salah satu sekolah terbaik di Medan. Sekolah internasional di Medan ini telah menggabungkan kurikulum nasional dan internsional dengan bahasa pengantar tri-lingual, yakni Bahasa Mandarin, Ingrris dan Bahasa Indonesia. 

Kini sekolah bertaraf internasional ini menempati 2 lokasi, yakni di Jl. Tengku Amir Hamzah No. F86, Helvetia, Medan untuk Kelas Playgroup, TK & SD dan di Kompleks Graha Metropolitan No E1. Jl. Kapten Sumarsono, Helvetia, Medan untuk Kelas Baby class & Playgroup. Segera daftarkan sekarang juga, masa depan anak Anda ada di tangan Anda.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :