IBX5B7AA7B12AEAB Nasi Tumpeng Jakarta Selatan, Rasanya Lezat dengan Harga Terjangkau - Cahaya Perdana

Iklan

Nasi Tumpeng Jakarta Selatan, Rasanya Lezat dengan Harga Terjangkau

CahayaPerdana.com - Nasi Tumpeng Jakarta Selatan, Rasanya Lezat dengan Harga Terjangkau - Masyarakat di kawasan pulau Jawa, Bali, dan Madura mempunyai tradisi membuat nasi tumpeng untuk kendurian atau merayakan sebuah peristiwa penting, seperti perayaan kelahiran dan beragam acara syukuran yang lainnya. Walaupun begitu kini nyaris seluruh rakyat Indonesia mengenal nasi tumpeng.

Saat ini sebenarnya nasi tumpeng telah berubah fungsi menjadi lambang sebuah perayan, baik itu perayaan ulang tahun, adat, keagamaan, sampai menyambut datangnya musim, keberadaan nasi tumpeng tak pernah absen.

Padahal pada awal mulanya nasi tumpeng ini dibuat guna memuliakan gunung selaku tempat bersemayamnya para arwah nenek moyang (leluhur). Pasalnya tumpeng erat hubungannya dengan kondisi alam Indonesia yang banyak dihiasi gunung berapi. Walau demikian, dulu dan sekarang kehadiran nasi tumpeng tetaplah sama, yaitu sebagai manifestasi rasa terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Nasi tumpeng tidak hanya makanan semata dengan tampilannya yang menarik dan rasanya yang lezat. Kehadiran nasi dengan bentuk kerucut yang dilengkapi lauk pauk pilihan ini, demikian penuh makna filosofis yang dalam. Lantaran nasi tumpeng adalah bentuk perwujudan interaksi antara Tuhan dengan manusia serta manusia dengan sesama manusia.

Pasca Islam masuk ke pulau Jawa, kebiasaan tumpengan juga dihubungkan dengan filosofi Islam dan diduga sebagai bentuk permohonan manusia kepada Allah. Berdasarkan adat istiadat Islam Jawa, tumpeng adalah akronim dalam bahasa Jawa, yakni  yen metu kudu sing mempeng. Kalimat tersebut berarti jika keluar mesti dengan semangat dan serius. Sementara itu tujuh macam lauk-pauk yang mengiringi nasi tumpeng diambil dari pitu, angka 7 dalam Bahasa Jawa yang berarti  pitulungan (pertolongan).

Jadi tidak heran bila nasi tumpeng berbentuk kerucut yang melukiskan konsep ketuhanan dengan sesuatu yang tinggi dan besar serta terletak di puncak. Disamping itu, bentuknya yang menjulang tinggi ke atas melambangkan suatu harapan supaya taraf kehidupan manusia makin tinggi (sejahtera). Tidak sekadar bentuknya saja, penyajian nasi tumpeng dan lauk pauknya juga mempunyai makna dan filosofi tertentu.

Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang nasi tumpeng gampang sekali untuk didapat/dibeli, bahkan secara online, dengan memesannya terlebih dahulu sebelum hari acara tersebut berlangsung.

Nah, jika Anda ingin menggunakan nasi tumpeng untuk keperluan acara pesta, syukuran atau selamatan, maka percayakan saja semuanya pada nasi tumpeng Jakarta Selatan yang akan menyediakan nasi tumpeng kuning lengkap untuk Anda. Mengenai kualitas rasa, pastinya lezat dan gurih, serta harganya dijamin sangat terjangkau dan pasti tidak akan mengecewakan Anda.

Share this article :