IBX5B7AA7B12AEAB Misaeng, Berbagai Intrik di Dunia Kerja - Cahaya Perdana

Iklan

Misaeng, Berbagai Intrik di Dunia Kerja

CahayaPerdana.com - Dunia kerja kerap menarik ketika diangkat menjadi cerita. Soalnya, dunia kerja memunculkan intrik dengan rekan kerja atau atasan, dan kadang muncul pula kisah cinta yang tak terduga. Seperti yang ditampilkan pada serial dari Korea Selatan "Misaeng" atau dalam bahasa Inggris "Incomplete Life". Serial yang telah mengudara sejak 2 Mei 2015 itu tayang di televisi berlangganan K-Plus setiap pukul 19.20 WIB.

Cerita Misaeng diangkat dari  komik online (webtoori) berjudul sama karangan Yoon Tae Ho. Karakter utamanya mengisahkan Geu Rae (Im Si Wan), pemuda 26 tahun yang tidak pernah kuliah dan hanya memiliki sertifikat GED (di Korea, sama dengan ijazah penyetaraan SMA). Akan tetapi, Geu Rae berhasil diterima di sebuah perusahaan trading terkemuka, One International, sebagai pekerja magang.


Geu Rae harus menjalani kenyataan bahwa ia memasuki dunia kerja yang membutuhkan keterampilan, jenjang pendidikan, dan kemampuan berbahasa asing. Meski demikian, ia sama sekali tak mau menyerah serta memiliki kemauan dan keseriusan yang tinggi untuk belajar. Hal ini yang membedakannya dengan pegawai intern lain yang lebih berbakat.

Di bawah supervisi bosnya, Oh Sang Shik (diperankan Lee Sung Min), seorang workaholic berwatak keras tetapi berhati baik, Geu Rae lambat laun beradaptasi dengan kultur perusahaan dan mulai memahami kenyataan hidup.

Suasana kantor semakin berwarna dengan hadirnya sesama pekerja magang, Ahn Young Yi (Kang So Ra) yang cantik dan cerdas. Gadis ini tidak pernah gagal menyelesaikan tugas-tugas rumitnya. Tokoh lainnya ada rekan Geu Rae, Jang Baek Gi (Kang Ha Neul) yang culun dan mudah cemas turut mewarnai keseharian Geu Rae di One International.

Komik "Misaeng" dinilai berhasil menggambarkan kehidupan nyata warga Korea di dunia kerja termasuk persaingan antarpegawai yang sengit dan menghadapi politik kantor. Webtoon-nya telah dibaca lebih dari satu miliar kali dan dianggap sebagai must read comic di Korea.

Tiga penghargaan
Mengekor kesuksesan tersebut, serial "Misaeng" berhasil menyabet tiga Cable TV Awards (penghargaan untuk karya film dan televisi di Korea) pada kategori Grand Prize (serial drama terbaik) dan Star Award Actor (aktor terbaik) bagi Im Si Wan dan Kang Ha Neul.

Pada wawancara dengan K-Plus pekan lalu, Im Si Wan yang berperan sebagai Geu Rae mengatakan, awalnya dia berpikir pas memerankan Geu Rae karena merasa sudah mengenal karakter itu. Si Wan berpikir, karakter Geu Rae sama dengan dia. Namun ketika mulai shooting dan mendalami karakter Geu Rae, Si Wan menemukan banyak hal yang tidak dia ketahui dengan sempurna.

"Geu Rae ternyata bukan aku. Sebagai aktor, ternyata aku harus mengeksplorasi karakternya lebih dalam. Aku tahu, para penggemar cerita "Misaeng” bisa lebih mengenal sosok Geu Rae. Aku minta maaf kalau aktingku tidak sempurna," kata Si Wan yang juga merupakan personel boyband ZE: A ini. [Sumber: Windy Eka Pramudya/PRM/03-05-2015]