IBX5B7AA7B12AEAB Mengenal Fungsi Kuku dan Cara Merawat Kuku yang Baik - Cahaya Perdana

Iklan

Mengenal Fungsi Kuku dan Cara Merawat Kuku yang Baik


CahayaPerdana.com - Kalau guru di sekolah dan orang tua di rumah cerewet soal urusan kuku, pasti karena ada alasan kuat di balik itu. Nah, biar lebih jelas, cari tahu, yuk, apa sih sebenarnya fungsi kuku dan bagaimana cara merawat kuku yang baik.

Fungsi kuku
Ujung jari kita itu penuh dengan urat saraf. Kuku berfungsi untuk melindungi ujung jari yang lembut, serta mempertinggi daya sentuh. Adapun kulit ari pada pangkal kuku berfungsi untuk melindungi dari kotoran. Kuku jari juga bisa menjadi petunjuk kesehatan seseorang. Beberapa jenis penyakit bisa dideteksi lewat perubahan warna dan bentuk kuku.

Secara kimia, kuku sama dengan rambut yang antara lain terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur. Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan.

Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit.

Kuku yang terawat
Kenapa kita harus rajin potong kuku? Memotong kuku sangat dianjurkan karena berkaitan erat dengan kesehatan. Kuku merupakan tempat bersarangnya kuman dan bakteri sehingga cacing dapat masuk melalui kulit di bawah kuku, apalagi kuku kaki yang langsung berhubungan dengan permukaan tanah. Kadang kita kurang memperhatikan kuku kaki karena letaknya berada di bawah dan sering tertutupi oleh kaus kaki. Padahal merawat kuku kaki penting, sama pentingnya dengan merawat kuku tangan.

Kuku dapat berbahaya bila panjang karena tanpa sadar dapat melukai anggota badan lainnya. Apalagi bagi orang yang memiliki pekerjaan berat. Panjangnya kuku dapat mengganggu pekerjaannya. Kalau kuku patah,  dapat dibayangkan betapa sakitnya.

Nah, Anda yang sering menggigit kuku, malas memotong kuku, serta lalai membersihkan kuku dari kotoran, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan jelek itu.

Seni menghias kuku
Untuk sebagian orang, kuku ternyata enggak hanya dijaga kebersihannya, tapi juga 'didandani' agar terlihat menarik. Seni menghias kuku sudah dikenal sejak zaman dahulu. Konon, tradisi itu berasal dari 'Negeri Tirai Bambu' dan telah dilakukan para selir pada masa kekaisaran China.

Para selir itu menghias kuku-kuku mereka dengan menggunakan pewarna dari bahan alami seperti serat bunga merah, akar-akaran, dan daun pacar. Mereka juga menambahkan perhiasan emas berbentuk kerucut untuk menutupi jari-jari dan taburan bebatuan.

Pada setiap ujung jari itu ditambahkan butiran giok dan mutiara yang menjuntai. Tambahan ornamen itu tidak hanya untuk menarik hati sang pangeran, tetapi juga menunjukkan status para selir, permaisuri, dan ibu suri.

Sekarang ini berbagai cara ditempuh untuk mempercantik kuku, tidak hanya berbentuk pewarna, ada pula yang dipasangi kuku palsu. Cara baru mempercantik kuku itu menarik bagi para perempuan yang gemar berdandan. Kuku dapat diberi aplikasi kristal, batu-batuan, bulu, atau anting. Itu bisa mempercantik penampilan jari-jari tangan maupun kaki.

Seni menghias kuku makin berkembang dengan berbagai teknik dan perawatannya. Beberapa negara bahkan mengadakan lomba menghias kuku, seperti di Singapura dan di London, Inggris, diselenggarakan Nailympics. Di Tokyo, Jepang, artis-artis seni menghias kuku dan memamerkan karya-karya mereka di Tokyo Nail Expo. 

Kiat merawat kuku
  1. Jangan membiasakan diri memakai pewarna kuku karena mengandung zat-zat mematikan sel-sel kuku.
  2. Pertumbuhan kuku tangan setiap minggunya berkisar 0,5-1,5 mm. Itu lebih cepat empat kali lipat daripada pertumbuhan kuku kaki. Kuku sebaiknya tetap pendek untuk menghindari masuknya kuman.
  3. Kuku kaki yang kasar karena aktivitas kerja yang berat dapat dilembutkan dengan merendamnya ke dalam air jeruk hangat yang dicampur madu selama 10 mienit. Air jeruk mengandung astringent yang dapat menghilangkan warna kusam pada kuku, sedangkan madu memberi nutrisi atau asupan yang sehat bagi sel-sel kuku.
  4. Menjaga kesehatan kuku juga dapat dilakukan dengan cara lain, yaitu rutin minum susu setiap hart karena susu mengandung kalsium yang bermanfaat agar kuku tetap kuat.

Struktur Kuku
Bagian kuku terdiri dari:
  • Matriks kuku: pembentuk jaringan kuku yang baru. 
  • Dinding kuku (nail wall): lipatan-lipatan kulit yang menutupi bagian pinggir dan atas.
  • Dasar kuku (nail bed): bagian kulit yang ditutupi kuku.
  • Alur kuku (nail groove): celah antardinding dan dasar kuku.
  • Akar kuku (nail root): bagian proksimal kuku.
  • Lempeng kuku (nail plate): bagian tengah kuku yang dikelilingi dinding kuku.
  • Lunula: bagian lempeng kuku yang berwarna putih di dekat akar kuku berbentuk bulan sabit, sering tertutup oleh kulit.
  • Eponikium (kutikula): dinding kuku bagian proksima, kulit arinya menutupi bagian permukaan lempeng kuku.
  • Hiponikium: dasar kuku, kulit ari di bawah kuku yang bebas (free edge) menebal.


Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kuku
http://www.wivrit.com/2013/08/fakta-menarik-yang-wajib-diketahui-tentang-kuku.html
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/pertumbuhan-kuku-jari-tangan-cepat/

Share this article :