IBX5B7AA7B12AEAB 5 Kriteria yang Harus Diperhatikan Sebelum Anda Membeli Software Payroll - Cahaya Perdana

Iklan

5 Kriteria yang Harus Diperhatikan Sebelum Anda Membeli Software Payroll


Tidak dimungkiri keberadaan software payroll mutlak diperlukan bagi perusahaan yang mempunyai ratusan sampai ribuan karyawan. Sangat tidak mungkin bila penghitungan gaji pekerjanya dilakukan dengan cara manual. Disamping memakan waktu dan tenaga, hasilnya juga tidak dijamin 100%  akurat.

Software payroll menjadi sangat penting keberadaannya bagi divisi HRD (Human Resources Development) atau Sumber Daya Manusia (SDM) di sebuah perusahaan. Penghitungan gaji karyawan bila dilakukan secara manual bisa memerlukan waktu berhari-hari, namun dengan software payroll terbaik ini bisa disingkat cuma 1 hari sehingga kinerja divisi HRD/SDM menjadi amat efektif.

Eksistensi sofware payroll saat ini tidak hanya sangat membantu divisi HRD, tetapi divisi finansial/keuangan pun mendapatkan keuntungannya. Berbagai dokumen penting yang berhubungan dengan keuangan perusahaan bisa tersimpan aman dan mengeliminasi soal penghitungan keuangan.

Sejalan dengan semakin banyaknya penggunaan software payroll, maka semakin banyak juga penawaran mengenai perangkat lunak ini di pasaran. Harga jual software payroll tersebut ditawarkan dengan banderol beragam. Dari harga yang hanya ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Menurut ragam fitur yang disediakan dalam software itu dan kredibilitas developer yang memproduksinya.

Jawabannya sangat memungkinkan. Syaratnya, pahami dengan baik kelebihan, kekekurangan, dan sistem kerja software tersebut. Sebelum Anda membeli sebaiknya cermati dahulu kriteria yang harus dimiliki oleh sebuah software payroll berkualitas, di antaranya:

Selalu Update
Software payroll yang rutin diperbaharui (update) dengan cara berkala menunjukkan bahwa software itu responsif pada kemajuan teknologi saat ini. Sering diperbaharui pula menunjukkan software tersebut peka pada berbagai masalah yang mungkin terjadi saat perangkat lunak itu dipergunakan.

Produsen/Developer Software yang Kredibel
Cara sederhana mengenali apakah produsen/developer software itu kredibel atau tidak, lihatlah jumlah penggunanya atau perusahaan mana saja yang telah memakainya. Ini bisa menjadi jaminan software tersebut patut dijadikan pilihan.

Cara Kerja Software 
Pehatikan kinerja perangkat lunak payroll itu apakah bisa menyajikan hasil penghitungan gaji secara detil dan tepat serta akurat. Dengan demikian, tujuan utama Anda memakai perangkat lunak penggajian, yakni memudahkan Anda dalam mengelola penggajian perusahaan bisa terselesaikan secara optimal.

Mudah Digunakan
Semakin berkualitasnya sebuah perangkat lunak dapat dicirikan bila software tersebut bisa dipergunakan secara mudah oleh siapa pun atau tidak perlu waktu yang lama untuk belajar menggunakannya.

Bersifat Fleksibel
Perangkat lunak penggajian yang berkualitas pada umumnya mempunyai pengaturan program pengoperasian yang gampang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan khusus di tiap-tiap perusahaan sehingga tidak kaku atau memiliki sifat templates/fleksibel.

Jadi sebelum memutuskan membeli, perhatikan kelima hal tersebut di atas untuk memastikan apakah software payroll itu terbaik/berkualitas ataukah tidak.