IBX5B7AA7B12AEAB Tips Agar Hubungan Jarak Jauh (LDR) Berhasil - Cahaya Perdana

Iklan

Tips Agar Hubungan Jarak Jauh (LDR) Berhasil

CahayaPerdana.com - Menjalani hubungan suami istri jarak jauh memang tidak mudah. Kecurigaan dapat dengan mudah menghampiri. Akibatnya, pertengkaran karena kesalahpshaman kerap terjadi. Psikolog anak dan keluarga Roslina Verauli menyebutkan, menjalani hubungan jarak jauh atau sering disebut long distance relationship (LDR) memang butuh keberanian, kepercayaan, dan independensi tinggi.

Menurut Roslina, pasangan suami istri yang berhasil membangun kerukunan, umumnya berprofil independen. Tipe pasangan demikian tidak mempunyai rasa ketergantungan tinggi, bahkan cenderung membutuhkan ruang lebih banyak untuk mengembangkan diri masing-masing. Jarang ketemu justru menjadi tantangan dan bisa membuat hubungan lebih romantis.


Sebaliknya, bagi pasangan yang profilnya memiliki ketergantungan tinggi dan butuh banyak afeksi, LDR bisa memunculkan beragam konflik. Komunikasi jadi jembatan yang penting. Atur komunikasi, termasuk siasati sexual release saat tinggal berjauhan. Jangan lupa ingat tujuan awal pernikahan.

Keberhasilan LDR
Sulit bukan berarti tidak mungkin. Nyatanya, banyak juga pasangan suami istri yang bisa bertahan bahkan tetap rukun meski jarak memisahkan. Apa kiat untuk menjalani LDR? 

Menjalani pernikahan LDR memang butuh kemandirian, terutama dari pihak istri. Pada umumnya kaum wanita mengakui tidak mudah, apalagi ketika harus mempersiapkan pernikahan anak pertama mereka. Semua persiapan harus diurus sendiri. Tapi sejak lama sebaiknya Anda berprinsip, apa yang bisa dikerjakan sendiri, Anda kerjakan sendiri, jangan terlalu tergantung pada suami. Ini penting agar LDR bisa berjalan dengan lebih mudah.

Tips Agar Hubungan Jarak Jauh Berhasil
Psikolog anak dan keluarga Roslina Verauli memberikan kiat untuk pasangan suami istri yang terpaksa harus tinggal berjauhan karena hubungan jarak jauh (long distance relationship atau LDR) dan merasa tersiksa oleh keadaan tersebut.
  1. Ingat alasan awal pernikahan, selama tujuan awal terpenuhi seharusnya jarak tidak jadi masalah.
  2. Dekati kelompok pasangan yang juga menjalani LDR biar tidak selalu merasa rumput tetangga lebih hijau atau berpikir hidup bersama pasti lebih membahagiakan.
  3. Atur komunikasi, termasuk siasati ‘sexual release’ saat tinggal berjauhan. 
Hubungan LDR suami istri itu ibarat radio, bagaimana supaya kita bisa mencari gelombang yang pas. Kalau sudah ketemu bisa lebih romantis dan bikin kangen lho.

Share this article :