IBX5B7AA7B12AEAB Taman Simalem Resort Padukan Ekowisata dan Agrowisata Seolah Berada di Luar Negeri - Cahaya Perdana

Iklan

Taman Simalem Resort Padukan Ekowisata dan Agrowisata Seolah Berada di Luar Negeri

CahayaPerdana.com - Memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km, secara administratif kawasan Danau Toba terbentang pada tujuh kabupaten yang ada di Sumatra Utara yakni Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tanah Karo, dan Dairi membuat danau ini bisa dinikmati di berbagai sudut. Salah satunya dari kawasan ekowisata Taman Simalem Resort (TSR). 

TSR terletak di Jalan Raya Merek-Sidikalang KM 9. Perjalanan ke Taman Sinwlem Resort dapat ditempuh 3-4 jam melalui perjalanan darat dari Parapat, bisa juga melalui Berastagi. Simalem dalam bahasa Batak Karo berarti sejuk dan nyaman. Berhawa sejuk, TSR memiliki pemandangan yang ciamik ke Danau Toba. Tak heran, banyak orang sepakat mengatakan berada di lokasi tersebut seolah berada di luar negeri.


Memasuki kawasan ini, di kiri dan kanan jalan kita akan disuguhi dengan pemandangan hutan yang asri. Barisan pohon kayu manis di sepanjang jalan menuju gapura utama TSR tertata dan sangat terawat rapi. Kawasan yang memiliki luas 206 hektare dan berada pada ketinggkm 1.500 meter di atas permukaan laut ini menggabungkan konsep agrowisata dengan berbagai kegiatan
ekowisata di dalam satu kawasan terpadu.

Di area barat TSR, ada Pangambatan Valley. Kita bisa melihat perkebunan Biwa dan Markisa, pusat pembibitan bunga (flower nursery), pondok-pondok di tepi sungai untuk berpiknik (riverside place), handycraft dan lokasi outward bound, serta rekreasi. Ada juga waterfall lodge, penginapan eksklusif dengan panorama kehijauan hutan alami dan air terjun.

Di timur kawasan ini terdapat Karo Agrotourism Farm & Mart yang merupakan pusat penelitian, pengembangan, dan penjualan bunga, buah, serta sayuran. Sayuran organik yang ditanam di kebun sayuran di kawasan ini bisa dibeli di Agro Mart.

Ada pula lokasi Pearl of Lake Toba yang menjadi lokasi favorit wisatawan untuk berfoto dengan latar belakang Danau Toba. Kawasan ini juga memiliki amfiteater yang menjadikan pemandangan Danau Toba sebagai latar belakangnya.

Di sebelah selatan TSR ada area perkemahan yang berada di tepi sungai. Selain itu, terdapat air terjun kembar yang menjadi tujuan akhir dari salah satu jalur trekking. Di kawasan ini tersedia empat jalur trekking yang boleh Anda jajal sambil menikmati asrinya alam sekitar. 

Sumber/Source:
http://initempatwisata.com/wisata-indonesia/sumatera-utara/wisata-danau-toba-pesona-danau-vulkanik-terbesar-di-dunia/2686/
https://www.kompasiana.com/primadien/550d7aa6a33311cd1c2e3c94/pesona-pearl-of-lake-toba-di-taman-simalem-resort
https://www.martentravel.co.id/wisata-eksklusif-di-taman-resort-simalem.html

Share this article :