IBX5B7AA7B12AEAB Cat, Kenali Bahan dan Peruntukannya - Cahaya Perdana

Iklan

Cat, Kenali Bahan dan Peruntukannya


CahayaPerdana.com - Berbicara masalah cat, tahukah Anda bahwa material ini memiliki komposisi bahan yang sangat beragam? Bahkan, untuk satu jenis cat saja, misalnya cat interior, komposisi bahan dari satu merek dengan merek lainnya memiliki beberapa perbedaan.

Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Beberapa cat sudah dilengkapi dengan tulisan dan gambar peruntukannya. Tetapi, jika masih kurang yakin, coba Anda lihat bahan dasar utama dari cat tersebut. Secara garis besar, inilah bahan dasar cat yang banyak tersedia di pasaran dan peruntukannya.

Cat Alkyd Synthetic
Jenis ini lebih banyak digunakan untuk cat eksterior dan interior rumah. Secara kasat mata, cat ini memiliki tampilan yang mengilat. Catnya juga terbilang kuat terhadap cuaca dan jamur.

Cat Emulsi Styrene Achylic 
Cat ini memiliki aplikasi yang mirip dengan cat berbahan dasar alkyd synthetic. Aplikasinya pun cocok untuk interior dan eksterior di rumah Anda. Hanya saja, berbeda dengan alkyd synthetic yang cocok dipergunakan untuk permukaan halus, cat ini bisa dipergunakan untuk permukaan yang lebih kasar seperti plesteran, beton, batako, asbes, dan triplek.

Cat Zinc Chromate Primer
Dilihat dari bahannya yang terbuat dari zinc chromate, cat ini khusus ditujukan untuk material besi dan logam. Tetapi bisa juga dipergunakan untuk pengecatan seng, dan logam lainnya. Cat ini dapat melindungi material dari karat dan meminimalisasi korosi dari udara laut yang membawa unsur garam.

Cat Thermoplastic
Jenis cat ini biasa dipergunakan untuk pengecatan marka jalan, untuk pengarah atau penunjuk jalan, dan membantu pengguna kendaraan agar berada di koridor yang benar hingga kecelakaan bisa diminimalisasi. Ini dikarenakan jika terkena lampu atau cahaya, cat ini seolah mengeluarkan cahaya. Padahal, itu hanya efek pantulan.

Cat Duco
Cat ini biasa digunakan sebagai cat dasar penutup permukaan kayu ataupun logam sehingga didapatkan permukaan yang lebih rapat. Yang paling terkenal, cat ini diaplikasi untuk furniture interior berbahan kayu.

Cat Epoxy
Cat Ini lebih sering digunakan sebagai cat dasar di dinding interior, yaitu penutup permukaan sebelum dilakukan pengecatan karena mempunyai daya ikat yang kuat. Akan tetapi, berkembangnya teknologi membuat cat ini sudah bisa dipergunakan sebagai cat dasar untuk besi dan logam juga.

Cat Polyurethane
Cat ini bisa dijadikan sebagai alat untuk mengekpos material dasar seperti serat kayu karena warnanya transparan. Secara kasat mata, material ini lebih banyak yang berwarna mengkilap dibanding yang tidak mengkilap.