IBX5B7AA7B12AEAB 5 Manfaat Penting Segelas Susu Untuk Anak - Cahaya Perdana

Iklan

5 Manfaat Penting Segelas Susu Untuk Anak



Tahukah kamu kalau ada hari susu sedunia? Saking pentingnya mengkonsumsi susu, maka susu ada hari internasionalnya lho. ini di tetapkan oleh FAO, badan di bawah PBB yang menaungi soal pangan dan pertanian dunia. Keren bukan? Tentu saja dengan begitu kita harus berikan susu generasi maju untuk anak tercinta kita. Setidaknya untuk membuat mereka tumbuh dengan pertumbuhan terbaik.

Segelas susu mengandung bergaman nutrisi penting untuk anak. Tak mengherankan jika dengan minum susu setiap hari mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan anak. Lantas sebenarnya apa saja sih manfaat segelas susu? Langsung saja inilah 5 manfaat penting segelas susu untuk anak.

1.      Menjaga kesehatan tulang
Sebaiknya bunda harus membiasakan kebiasaan minum susu sejak anak masih kecil. Susu mempunyai banyak manfaat untuk anak. Yakni menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat. Namun ternyata susu juga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan lho. Susu adalah sumber kalsium terbaik yang dibutuhkan anak. Minum susu secara teratur dapat membuat tulang anak menjadi kuat dan sehat serta mencapai kepadatan tulang opyimal pada usia 25-30 tahun. Dengan mengkonsumsi susu pun juga mempengaruhi tinggi badan mereka.

2.      Menguatkan gigi
Susu adalah minuman menyehatkan yang kaya kalsium dan fosfor yang sangat penting untuk kesehatan gigi anak. Salah satu protein terpenting lain yang dapat bunda temukan dalam segelas susu adalah kasein. Kasein dapat membantu pembentukan lapisan tipis dipermukaan email gigi serta membantu mencegah hilangnya kalsium dan fosfat. Dengan begitu akan membantu gigi anak saat terkena asam dalam mulut.

3.      Memelihara kesehatan jantung
Segelas susu segar merupakan sumber kalium yang mampu meningkatkan vasolidalatasi dan menurunkan tekanan darah. Berdasarkan penelitian Dr. Mark Houston mengatakan bahwa peningkatan asupankalium dan penurunan sodium dapat menurangi kardiovaskular yakni penyakit jantung dan pembuluh darah. Dari hasil studi tersebut tudi tersebut menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 4069 mg potasium per hari memiliki risiko kematian 49 persen lebih rendah akibat penyakit jantung iskemik dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sekitar 1000 mg per hari.

4.      Mendukung berat badan yang sehat
Anak-ana yang mengkonsumsi segelas susu setiap hari akan lebih tinggi memiliki 38% resiko obesitas lebih rendah dibandingkan dengan anak yang tidak mengkonsumsinya. Dengan melakukan diet asupan susu dan produk susu akan mendukung penurunan berat badan anak dan menjaga kestabilan masa tubuh mereka.

5.      Meringankan depresi
Manfaat segelas susu terakhir bagi anaka adalalah meringankan depresi. Vitamin D dalam jumlah yang cukup akan mendukung produksi serotonin, hormin yang berhubungan dengan suasana hati, nafsu makan, dan tidur anak. Anak yang kekurangan vitamin D menyebabkan depresi, kelelahan kronis dan PMS.

Itu dia 5 manfaat penting segelas susu bagi anak. Susu memang baik dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan anak. Namun perlu bunda ingat, produsen susu kerap menambahkan rasa manis buatan untuk memikat para konsumennya. Nah hal demikian justru berpotensi menyimpan gula tersembunyi dalam tubuh. Sebagai orang tua dan konsumen yang bijak, sebaiknya bunda selalu memabaca dengan teliti apa saja kandungan nutrisi yang ada dalam kemasan susu.

Gula alami pada susu adalah laktosa. Namun biasanya produsen akan menambahkan gula tambahan yakni sukrosa, fruktosa, sirup, maltodekstrin dll. Jadi jangan sampai bunda teledor dan memberikan susu semabrangan pada buah hati ya.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :