IBX5B7AA7B12AEAB Cara Merawat Sepatu Boots Supaya Bisa Lebih Awet - Cahaya Perdana

Iklan

Cara Merawat Sepatu Boots Supaya Bisa Lebih Awet

CahayaPerdana.com - Memilih boots memang bisa sesuai selera masing-masing orang. Mau yang berbahan kulit mengilap ataupun belel, semua bergantung pada selera masing-masing. Namun, ada beberapa perlakuan sama untuk setiap boots supaya bisa lebih awet.

Ada beberapa tipe kulit yang biasa digunakan menjadi bahan boots. Jenis pertama yang disebut "napa" ini memiliki sifat tidak akan berubah warnanya meski disemir atau mendapat perlakuan lain. Sementara itu, ada jenis "pull up" yang memang pasti berubah warnanya.


Merawat sepatu boots yang berbahan kulit asli memang gampang-gampang susah. Kulit pun ada masa kedaluwarsanya, tapi itu lama sekali dibandingkan dengan kulit yang sintetik. Untuk perawatan rutin, jangan mencuci boots kulit dengan sabun atau detergen. Hal itu akan merusak kelembapan kulit. 

Kulit binatang yang menjadi bahan boots memang bersifat sama dengan kulit manusia, ia memiliki minyak yang melembapkan sehingga jangan sampai kering akibat sabun. Oleh karena itu, cukup bersihkan menggunakan air dan disikat perlahan. Menjemurnya pun jangan terkena sinar matahari langsung atau istilahnya cukup diangin-angin saja. Bahkan ada sebagian orang tidak pernah mencuci sepatu boots-nya. Bila kulitnya sudah mengeluarkan bau, cukup diangin-angin saja.

Nah, mungkin Anda pernah mengalami kulit boots yang retak. Kulit asli ataupun sintetik memang memiliki risiko itu. Keretakan bisa terjadi karena perawatan rutinnya yang tidak tepat. Seperti disebutkan di atas, kemungkinan sepatu berbahan kulit itu dicuci dengan sabun dan dijemur terkena matahari langsung sehingga kadar minyaknya berkurang.

Oleh karena itu, sebelum membelinya, pastikan juga boots itu menggunakan kualitas kulit yang baik. Selain itu, perhatikan juga setiap jahitan sehingga menunjukkan sepatu itu kuat dan tahan lama.

Selain itu, perhatikan juga sol sepatunya. Pasalnya ada sepatu yang memadukan sol dengan kulit nabati sehingga lentur. Itu juga penting karena ada beberapa sol yang cepat retak dan kemudian terbelah. Secara umum, sepatu boots kulit memiliki ketahanan yang baik termasuk yang produksi lokal.