Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Dekorasi Rumah yang Bikin Rumah Anda Tampak Lebih Menyenangkan


Memilih dekorasi rumah dapat lumayan membingungkan untuk sebagian orang. Pasalnya demikian banyak bahan dekorasi rumah tersedia di supplier dekorasi rumah, namun perlu juga dipertimbangkan apa gaya pribadi dari pemilik rumah, bujet dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh sebab itu, mengubah rumah menjadi sebuah tempat yang Anda senangi bisa amat sulit.

Mendekorasi rumah merupakan cara yang baik untuk mengubah hidup seseorang, meremajakannya, dan menjadikan suasana rumah lebih nyaman. Banyaknya distributor dekorasi rumah saat ini membuat rencana Anda untuk mendekorasi rumah menjadi cepat terealisasi.

Tips Dekorasi Rumah

Saat akan membangun rumah, banyak orang lebih memilih merancang rumahnya dengan gaya minimalis. Gaya rumah minimalis memang tren di kalangan milenial lantaran dipandang lebih sesuai dengan karakter para milenial yang condong aktif dan dinamis.

Walau desain rumah minimalis kerap menjadi tren, tetapi hunian yang memiliki desain klasik masih diminati untuk sebagian orang. Rumah dengan desain klasik tentu saja akan menyajikan kesan mewah dan elegan untuk pemiliknya.


Anda tengah bosan dengan keadaan rumah yang menjenuhkan atau Anda akan menyongsong hari besar dan memerlukan tampilan baru di rumah? Ada sejumlah tips yang akan membuat rumah Anda tampak lebih menyenangkan dan menjadikan Anda dan keluarga kian betah di rumah. Berikut ini disajikan beberapa tips dekorasi rumah.

1. Isi ulang bantalan sofa Anda

Bantalan sofa yang sudah digunakan beberapa tahun lamanya tentu akan kempes juga. Adanya penambahan busa ini akan menjadikan sofa Anda tampak seperti sofa baru dan tentunya akan terasa lebih nyaman saat diduduki.

2. Tambahkan pemanis ruangan

Pemanis ini dapat berbentuk tanaman. Ada beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditaruh di dalam ruangan, misalnya sukulen yang sedikit perawatan. Tanaman yang berasal dari gurun ini tidak perlu terlampau sering disiram. Anda tak usah repot untuk merawatnya supaya tetap hidup. Bila Anda kurang suka dengan tanaman, Anda dapat menggunakan kerajinan tangan seperti miniatur dari objek wisata - objek wisata yang pernah Anda datangi.

3. Tukar penempatan barang-barang Anda

Ini merupakan langkah paling mudah dan tak membutuhkan biaya sama sekali. Memindahkan barang ke tempat baru akan merubah suasana rumah Anda. Ini barangkali terdengar agak sepele, namun Anda tidak akan tahu dampak yang diberikan sebelum Anda mencobanya. Beberapa barang yang dapat Anda coba organisir kembali misalnya berbagai barang koleksi hobi milik Anda, seperti alat musik dan lampu berdiri.

4. Ganti isi bingkai foto Anda

Sebagian besar rumah tentu mempunyai beberapa foto istimewa yang dipajang memakai bingkai pada dinding.  Nah, waktunya Anda mengganti isi bingkai itu. Anda dapat menggantinya dengan set foto baru atau Anda dapat mencetak berbagai kata-kata mutiara atau tulisan motivasi. Ketika mulai terasa menjenuhkan lagi, Anda dapat menggantinya dengan berbagai kreasi sesuka hati.

5. Bermain dengan warna

Tidak boleh takut dengan permainan warna! Terkadang kita merasa malas untuk menambahkan warna-warna bold seperti kuning, biru, dan merah. Perasaan segan ini lantaran takut warna itu tidak selaras dengan tema rumah Anda. Kini telah waktunya untuk membuang pola pikir seperti ini. Beberapa warna kuat yang telah disebutkan tadi justru dapat menjadi faktor ‘wow’ di rumah Anda. Anda dapat mulai menerapkan warna itu pada benda-benda kecil terlebih dulu sebagai percobaan, dapat dimulai dengan sarung bantal sofa, taplak meja, dan vas bunga.

6. Pertimbangkan luas rumah Anda

Dekorasi rumah yang baik senantiasa memertimbangkan luas rumah dengan keinginan pemilik rumah. Salah satu kekeliruan besar yang dilakukan ialah menambahkan furnitur yang terlampau besar atau kecil. Saat Anda mendekorasi rumah kecil, pilih dekorasi rumah yang sederhana dan elegan. Terlampau banyak hiasan tambahan akan menyebabkan ruangan tampak terlampau ramai. Bila mendekor rumah berukuran besar, Anda bisa dengan gampangnya memilih sesuatu yang jauh lebih kompleks sebab bisa memilih beragam furnitur dengan berbagai ukuran.

7. Kunjungi Toko Barang Antik dan Toko Barang Bekas

Anda tak pernah tahu apa yang bisa ditemui di tempat-tempat ini. Bahkan sejumlah dekorator kerap mendatangi toko barang bekas untuk mendapatkan barang atau benda yang unik. Bila Anda membutuhkan beberapa barang tambahan untuk menjadikan dekorasi rumah Anda menakjubkan dan Anda tak tahu apa, ini merupakan dua lokasi yang perlu Anda datangi terlebih dulu.

Alternatif terakhir yang dapat dilakukan ialah dengan do it yourself (DIY).

Anda yang sudah akrab dengan media sosial tentu telah familiar dengan istilah ini. Video tutorial DIY kerap sekali dibagikan pada berbagai laman media sosial. Anda dapat langsung menonton videonya di YouTube sebagai referensi. 

Di samping dapat menghemat anggaran, proses inipun mengasah daya imajinasi dan kreativitas Anda. Segi positif yang lainnya ialah Anda dapat meningkatkan nilai guna barang-barang yang telah tak terpakai lagi di rumah. Hasilnya pun akan sesuai dengan keinginan Anda sebab Anda sendiri yang berperan selaku desainernya.

Setelah mempraktikkan beberapa tips dekorasi rumah di atas, rumah Anda juga akan berubah menjadi instagramable. Namun, jangan lupakan faktor kenyamanannya juga! Pasalnya yang enak dilihat belumlah tentu enak juga dirasakan. Ingat lho, rumahmu adalah surgamu!

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

1 komentar untuk "7 Tips Dekorasi Rumah yang Bikin Rumah Anda Tampak Lebih Menyenangkan"

  1. Biasanya kalau mau ganti suasana rumah, aq ganti walpapernya saja. Lebih Hemat tapi mengena

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News